The Extension of Free Time

The Extension of Free Time

Turut mengundang partisipasi teman-teman sekalian untuk berpartisipasi dalam merayakan #extensionoffreetime yang akan berlangsung pada hari kamis,23 Mei 2019 pukul 19:00 Uhr (GMT+2) selama 3 jam.

Ruang interaksi dan diskusi ini digelar dalam rangka membincangkan kehadiran dan peran sistem otonom internet dalam distribusi informasi dan pembentuk opini publik terhadap pemaknaan karya dan bahkan ruang produksinya. Internet sebagai sebuah perangkat, telah memberikan kekuatan yang membongkar sentral-sentral tunggal menjadi majemuk dan terhubung dalam koneksi yang tidak terbatas dan disatu sisi dapat digunakan sebagai perangkat control bagi kontestasi kekuatan politik yang dalam hal ini sedang mengancam beberapa Negara di dunia saat ini, ketika internet digunakan sebagai alat control Negara untuk mengatur informasi, distribusi, dan mengancam kebebasan berekspresi.

Bagaimana kita menghadapi dan menyikapi fenomena ini sebagai pelaku seni, kerja kreatif dan kebudayaan di hari ini? Apakah kebebasan yang dimungkinan oleh jejaring internet dapat mengubah aspek kebebasan dan mendongkrak diskursus yang lebih luas dalam membincangkan wacana-wacana kritis ditengah tantangan mesin, robot, kecerdasan buatan, sistem otomatisasi yang kian berkembang ? Dan bagaimanakah kita dapat memposisikan kebangkitan teknologi di ranah digital sebagai perangkat yang mengubah pola relasi kerja kerja kesenian menjadi efisien, inovatif dan membawa kita pada kebudayaan yang kian terbuka pada lintasan kemungkinan kolaborasi pada keberagaman ilmu, praktik, proses, dan penyajian kepada publik pada ruang yang fisik dan virtual.

Diskusi ini dibuka kepada publik secara luas melalui kanal twitter dengan menyertakan tagar (#) #extensionoffreetime dan mengharapkan kontribusi rekan sekalian memaknai fenomena ini dalam berbagai sumbangan opini, perspektif dan gagasan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *