ARTJOG| 11 – Enlightenments

ARTJOG| 11 – Enlightenments

Terdapat sebuah essay yang ditulis oleh Immanuel Kant “An Answer to the Question : What is Enlightenment?”, disebutlah Sapere aude! “Milikilah keberanian untuk menggunakan alasanmu sendiri!” – Itu adalah semboyan pencerahan.

Pencerahan adalah lahirnya gagasan tentang kedaulatan manusia (individu), perluasan dan pelembagaan ilmu pengetahuan, dan pemisahan negara dan agama (gereja)—semua hal yang pada gilirannya menciptakan gagasan kemajuan (the idea of progress), demokrasi dan modernitas, dan juga negara‐bangsa. Pencerahan membebaskan manusia dari kegelapan takhayul dan irasionalitas. Seni, dengan prinsip kebebasan berekspresi, adalah bagian penting dari proyek Pencerahan.

Enlightenment atau pencerahan sebagai sebuah tema, dipilih pada tahun 2018 untuk mengawal kerangka kuratorial di penyelenggaraan tahun ini, melanjutkan tema tiga tahun sebelumnya yang berbicara mengenai seni hadir dalam bentuk-bentuk pengalaman. Baik pengalaman sosial, pengalaman pengetahuan dan menjadi pengalaman spiritual

Enlightenment sendiri dekat pada sejarah dunia yang menunjukkan posisi penting seni dalam memberikan pencerahan pasca revolusi perancis di eropa. Pada posisi ini, seni menjadi bentuk yang paling signifikan untuk menujukan cakrawala dunia yang baru bagi kemanusiaan. Sehingga momentum enlightenment yang terjadi di abad 17 tersebut coba untuk kami pinjam sebagai perangkat untuk melihat konteks sosial, pengetahuan, kepercayaan, spiritual, politik, teknologi dan peran seni itu sendiri pada kenyataan hari ini.

Kita masih dalam perjalanan menuju pada kondisi yang lebih baik, sehingga hasilnya mungkin saja akan diperoleh oleh generasi mendatang, oleh anak cucu kita. Kita ingat, bagaimana dulu R.A Kartini mengajarkan baca tulis bagi kaum perempuan di lingkungannya. Jerih payah beliau untuk mencerahkan kaum perempuan pada masa itu, tidak langsung terlihat hasilnya. Justru ketika beberapa generasi berikutnya kemampuan baca tulis sudah diwajibkan bagi semua warga masyarakat, terutama kaum perempuan, maka saat itulah kita ‘baru’ melihat hasilnya.

Lewat event ART JOG kali ini kita diingatkan untuk selalu sadar bahwa proses menuju kondisi yang lebih baik dan lebih cerah. Harapannya momen pencerahan itu hadir melalui bentuk yang paling dekat dan sederhana. Tanpa paksaan dan tekanan. Kebebasan yang mencerahkan. Semoga setiap presentasi yang hadir memberikan bentuk-bentuk pencerahannya dalam Bahasa-bahasa yang beragam. Karena kita selalu percaya bahwa dengan seni, segala hal menjadi mungkin. Termasuk merayakan kesadaran di masa depan atas pencerahan dalam hidup itu sendiri.

 

Tim Kurator ARTJOG|11
Bambang ‘Toko’ Witjaksono & Ignatia Nilu

 

 

 

Go Back