FAUX UTOPIA – LIVING LAB VOL. 1

FAUX UTOPIA – LIVING LAB VOL. 1

Living Lab adalah adalah sebuah platform yang coba diinisiasi dan dirancang oleh Green Art Space dalam rangka mengakomodir sebuah kerja kolaborasi dan eksplorasi lintas disiplin dengan semangat kerja pekarya di lini yang berbeda. Melalui platform ini kami mencoba mengelaborasikan penemuan serta elemen yang kami miliki disini dalam berinteraksi dengan pemikiran akan definisi kenyamanan yang utopia yang coba dibangun diruang ini dengan mengaktivasi ruang Greenhost sebagai sebuah laboratorium yang hidup.

Disisi lain kami mencoba untuk mengkawinkan hal-hal yang paradox pada konteks social melalui seni dan media baru untuk menemukan platform baru yang dapat dikaji kembali. Wawasan kecepatan informasi, wawasan akan pemenuhan dan pengetahuan akan swasembada pangan, elemen estetika sekaligus mempertanyakan kembali bagaimana posisi seni dan cara seni berkontribusi didalam menciptakan hal-hal yang lebih baik di konteks masyarakat hari ini?

Dengan melibatkan 15 seniman dan pekarya lintas disiplin, platform ini tengah berupaya membongkar peluang baru yang tersedia pada ruang yang dapat diakses public untuk mengalami pengetahuan baru akan situasi sosialnya. Beberapa seniman dan pekarya yang terlibat telah melakukan pendekatan, pengamatan, penelitian dan uji coba beberapa elemen yang tersedia di hotel ini untuk menemukan bahasa dan pengalaman baru melihat peristiwa sosial sebagai kesadaran yang kritis.

Melalui media dan bahasa baru yang tersajikan di ruang ini, kita tengah membicarakan kembali definisi dan arah yang lain yang diidamkan oleh masyarakat urban hari ini sebagai tandingan dari rutinitas kesehariannya. Selamat menikmati petualangan di utopia buatan selama dua purnama di habitus ini!

 

Yogyakarta, Mei 2017
Ignatia Nilu

 

Go Back