Universal Influence

Universal Influence

Tahun ini Art|Jog sebagai sebuah peristiwa seni tahunan akan memasuki usianya yang kesembilan. Angka 9 adalah sebuah angka tertinggi dalam numerologi dasar.

Ada harapan atas berbagai pencapaian, kepuasan, prestasi, dan kesuksesan dalam meraih dan mempengaruhi kondisi dunia hari ini. Makna spiritual dari Sembilan adalah kekuatan intelektual, inovasi, serta pengaruhnya terhadap situasi dan hal-hal lain. Juga mendorong kita untuk mengenali atribut internal diri dan memperluas kemampuan ini ke dunia luar untuk membuat perubahan positif yang berpengaruh.

 

Ada berbagai macam faktor yang mendukung  pengaruh secara universal tersebut, salah satunya adalah aspek sejarah dan budaya serta peradaban yang sedemikian tinggi yang dijadikan asas dalam tumbuh kembang. Disisi lain universalitas tersebut juga akan mempunyai pengaruh, bukan saja secara geografis namun juga sampai ke tataran politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan bahkan religi. Ketika kita membicarakan masalah situasi yang terjadi atas pengaruh global ini, maka secara simultan dan bersama-sama, ingatan kita akan melayang ke jaman dahulu kala, ketika beberapa peradaban besar telah mampu mempengaruhi budaya lain secara signifikan.

Simbolisasi dari bentuk pengaruh dan supremasi tersebut, dalam ART|JOG|9 kali ini diterjemahkan sebagai mercusuar. Mercusuar, pada sisi lain, juga merupakan simbol yang mencerminkan pengaruh universal yang dibuat oleh sang kreator sebagai penampilan puncak artistik yang menjadi identitasnya sebagai seniman.

 

Tema Universal Influence merupakan wawasan global yang diangkat untuk membawa dampak lebih luas terhadap pengunjung Art Jog yang datang dari beragam kalangan.
Art Jog kali ini membincangkan kondisi dunia hari ini, bagaimana perihal pengaruh mempengaruhi kita maknai bersama, agar kita sadar dimana posisi kita sehingga dapat menentukan langkah ke depan secara lebih bijaksana.

 

Bambang ‘Toko’ Witjaksono
Kurator ART|JOG|9

 

 

 

 

Go Back